Oktober 19, 2014

Proses Pengambilan Keputusan oleh Konsumen

Sebelum seorang konsumen membeli suatu barang untuk di konsumsi, konsumen memiliki pilihan – pilihan yang sangat banyak. Seperti halnya pengambilan keputusan dalam perusahaan, konsumen juga melakukan hal yang sama sebelum membuat keputusan untuk membeli suatu barang. Berikut adalah tahapan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen :
-          Perumusan masalah : seorang konsumen akan mencari masalah – masalah apa yang akan dihadapi saat membuat keputusan,
-          Kebutuhan informasi : konsumen memerlukan informasi yang banyak akan suatu barang agar tidak tertipu atau merugikan karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapannya
-          Evaluasi alternative : setelah itu konsumen mengevaluasi seluruh alternative yang dimilikinya dalam proses pembelian tersebut
-          Pengambilan keputusan : lalu konsumen dapat membuat keputusan apakah akan memebeli barang tersebut atau membeli barang yang lainnya
-          Perilaku tindak lanjut : dalam tahap ini konsumen telah menjalankan keputusannya dan mencari lagi kemungkinan – kemungkinan yang dapat terjadi.
Memang tidaklah rumit dalam pengambilan keputusan seorang konsumen dalam membeli suatu produk. Namun keputusan tersebut sangat berpengaruh bagi produsen karena apabila barang yang dijualnya tidak sesuai dengan keinginan konsumen, maka produknya selalu ditinggalkan konsumen dalam pengambilan keputusan. Sehingga produsen harus focus pula terhadap keputusan – keputusan yang dapat diambil oleh konsumen saat akan membeli suatu produk.


Sumber : catatan semester 4

Tidak ada komentar :

Posting Komentar