Sebelum
seorang konsumen membeli suatu barang untuk di konsumsi, konsumen memiliki
pilihan – pilihan yang sangat banyak. Seperti halnya pengambilan keputusan
dalam perusahaan, konsumen juga melakukan hal yang sama sebelum membuat
keputusan untuk membeli suatu barang. Berikut adalah tahapan proses pengambilan
keputusan pembelian oleh konsumen :
-
Perumusan masalah :
seorang konsumen akan mencari masalah – masalah apa yang akan dihadapi saat
membuat keputusan,
-
Kebutuhan informasi :
konsumen memerlukan informasi yang banyak akan suatu barang agar tidak tertipu
atau merugikan karena barang yang dibeli tidak sesuai dengan harapannya
-
Evaluasi alternative :
setelah itu konsumen mengevaluasi seluruh alternative yang dimilikinya dalam
proses pembelian tersebut
-
Pengambilan keputusan :
lalu konsumen dapat membuat keputusan apakah akan memebeli barang tersebut atau
membeli barang yang lainnya
-
Perilaku tindak lanjut
: dalam tahap ini konsumen telah menjalankan keputusannya dan mencari lagi kemungkinan
– kemungkinan yang dapat terjadi.
Memang tidaklah rumit dalam pengambilan keputusan seorang
konsumen dalam membeli suatu produk. Namun keputusan tersebut sangat
berpengaruh bagi produsen karena apabila barang yang dijualnya tidak sesuai
dengan keinginan konsumen, maka produknya selalu ditinggalkan konsumen dalam
pengambilan keputusan. Sehingga produsen harus focus pula terhadap keputusan –
keputusan yang dapat diambil oleh konsumen saat akan membeli suatu produk.
Sumber
: catatan semester 4
Tidak ada komentar :
Posting Komentar