Desember 20, 2012

Brand / Merk



Merk / Brand
Brand adalah suatu nama, istilah, symbol atau design (rancangan) atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk member tanda pengenal barang atau jasa dari penjual untuk membedakan dari barang-barang yang dihasilkan pesaing.
Tipe – tipe brand :
1.       Brand Nama : terdiri atas kata-kata, huruf atau angka yang dapat diucapkan
2.       Brand Mark : bagian dari brand yang dinyatakan dalam bentuk symbol, design warna atau huruf    tertentu
3.       Trade Mark : brand yang dilindungi oleh undang-undang karena sudah didaftarkan pada pemerintah dan perusahaan memiliki hak tunggal untuk menggunakannya
4.       Merk Dagang : suatu merk yang mendapatkan perlindungan hokum karena mampu untuk memperoleh hak secara eksklusif
5.       Hak Cipta : hak sah eksklusif untuk memproduksi, menerbitkan dan menjual bahan dalam bentuk tulisan atau karya seni
Tujuan adanya Merk :
-          Menambah nilai suatu produk
-          Membedakan produk yang satu dengan yang lain
-          Konsumen mudah mengingat produk suatu perusahaan
Penggolongan Merk :
·         Bersdasarkan Kepemilikan
a.       Merk Produsen
b.      Merk Dsitributor
·         Berdasarkan Luas Daerah Geografis :
a.       Merk Nasional
b.      Merk Regional
·         Berdasarkan Tingkat Kepentingan:
a.       Merk Primer
b.      Merk Sekunder
·         Berdasarkan Banyaknya Barang yang Menggunakan Merk :
a.       Merk Individual
b.      Merk Kelompok
Pilihan penggunaan Merk bagi produsen :
1.       Perluasan Lini : penggunaan nama merk yang sukses untuk memperkenalkan hal-hal baru ke kategori produk tertentu dengan menggunakan merk yang sama. Contoh : rasa, bentuk, warnanya atau ukuran
2.       Perluasan Merk : penggunaan merk yang telah berhasil untuk meluncurkan produk baru atau hasil modifikasi ke kategori baru. Contohnya : Honda dan Yamaha
3.       Aneka Merk : perusahaann memperkenalkan merk tambahan baru ke kategori yang sama
4.       Merk Baru : perusahaan menciptakan merk baru ketika memasuki kategori produk baru. Contoh : national dan panasonik
Keuntungan penggunaan Merk bagi pembeli :
·         Mengenal barang yang diinginkan
·         Dapat mengandalkan kualitas barang yang bermerk
·         Melindungi konsumen
·         Perusahaan berusaha meningkatkan kualitas
Keuntungan penggunaan Merk bagi penjual :
o   Membantu program periklanan
o   Membantu meningkatkan pengawasan
o   Membantu perluasan Market share
o   Membantu stabilitas harga
o   Mengurangi perbandingan harga
o   Memperluan perluasan product mix
Alas an tidak menggunakan Merk :
§  Menghindari tanggung jawab
§  Konsumen tidak puas
§  Sulitnya membedakan barang dengan perusahaan lain

Tidak ada komentar :

Posting Komentar