Menurut Sudjiono yang mengartikan evaluasi
berdasarkan segi penelitian bahwa evaluasi adalah proses penafsiran yang
diterima dari hasil penghitungan atau kualitatif. Sedangkan menurut I Ketut
Gede Yudantara, evaluasi adalah suatu proses dari rencana kerja yang penting
untuk memperbanyak pemikiran logika dan kemampuan analisa seseorang. Menurut Gronlund
dari segi pendidikan mengartikan evaluasi sebagai proses sistematis untuk menentukan
sejauh mana tujuan pengajaran telah dicapai oleh para siswa.
Berdasarkan pengertian diatas, da[at
disimpulkan bahwa evaluasi adalah hal terpenting untuk mengetahui apakah proses
yang dilakukan sudah mendekati atau mencapai tujuan yang diharapkan. Evaluasi
dilakukan bisa saat proses berjalan atau setelah proses mencapai akhir. Hal ini
tergantung dari keputusan dari pimpinan masing – masing.
Dalam hal ini kita membahas evaluasi alternative
sebelum pembelian. Setiap pembeli melakukan evaluasi agar tidak merasa
dirugikan setelah membeli suatu produk. Beberapa hal yang biasa diperhatikan
pelanggan untuk alat evaluasi antara lain :
-
Harga : harga menjadi faktor terpenting dalam evaluasi,
karena harga yang menentukan apakah produk tersebut harus dibeli atau tidak
-
Produk pesaing : faktor ini menjadi alat bantu evaluasi
pembeli, karena dengan adanya produk pesaing para pembeli akan semakin teliti
dalam memilih produk
-
Prioritas : pembeli sudah pasti akan mendahulukan kebutuhan
dari keinginan, sehingga produk yang menjadi kebutuhan akan lebih didahulkan
dibandingkan keinginan yang dapat dilakukan dilain waktu
-
Brand / merk : salah satu faktor pembantu dalam keunggulan
penjual dipasaran, karena bila brand sudah terkenal kemungkinan memiliki banyak
pembeli sangatlah mungkin dimana pembeli sudah mengetahui lebih banyak mengenai
produk tersebut
-
Kualitas : pembeli sudah pasti tidak ingin dirugikan dari
segi kualitas, karena pembeli tidak akan mau membeli produk dengan kualitas
yang rendah
-
Pendapatan : termasuk faktor yang paling mempengaruhi
pembelian suatu produk, karena pembeli tidak mungkin melakukan pembelian
melebihi pendapatan yang dimiliki
Berdasarkan hal – hal yang telah
dijabarkan, maka seorang pembeli harus sangat teliti dan sudah pasti telah
melakukan evaluasi alternative agar mendapatkan keputusan pembelian yang tepat
dan tidak merugikan. Hal ini pula yag menjadi tantangan bagi para produsen
untuk menghasilkan produk – produk yang berkualitas dengan biaya yang minim
agar bisa mendapatkan banyak pembeli yang loyalitasnya tinggi.
Sumber :
Tidak ada komentar :
Posting Komentar