Januari 02, 2015

Evaluasi alternative sebelum pembelian

Menurut Sudjiono yang mengartikan evaluasi berdasarkan segi penelitian bahwa evaluasi adalah proses penafsiran yang diterima dari hasil penghitungan atau kualitatif. Sedangkan menurut I Ketut Gede Yudantara, evaluasi adalah suatu proses dari rencana kerja yang penting untuk memperbanyak pemikiran logika dan kemampuan analisa seseorang. Menurut Gronlund dari segi pendidikan mengartikan evaluasi sebagai proses sistematis untuk menentukan sejauh mana tujuan pengajaran telah dicapai oleh para siswa.
Berdasarkan pengertian diatas, da[at disimpulkan bahwa evaluasi adalah hal terpenting untuk mengetahui apakah proses yang dilakukan sudah mendekati atau mencapai tujuan yang diharapkan. Evaluasi dilakukan bisa saat proses berjalan atau setelah proses mencapai akhir. Hal ini tergantung dari keputusan dari pimpinan masing – masing.
Dalam hal ini kita membahas evaluasi alternative sebelum pembelian. Setiap pembeli melakukan evaluasi agar tidak merasa dirugikan setelah membeli suatu produk. Beberapa hal yang biasa diperhatikan pelanggan untuk alat evaluasi antara lain :
-          Harga : harga menjadi faktor terpenting dalam evaluasi, karena harga yang menentukan apakah produk tersebut harus dibeli atau tidak
-          Produk pesaing : faktor ini menjadi alat bantu evaluasi pembeli, karena dengan adanya produk pesaing para pembeli akan semakin teliti dalam memilih produk
-          Prioritas : pembeli sudah pasti akan mendahulukan kebutuhan dari keinginan, sehingga produk yang menjadi kebutuhan akan lebih didahulkan dibandingkan keinginan yang dapat dilakukan dilain waktu
-          Brand / merk : salah satu faktor pembantu dalam keunggulan penjual dipasaran, karena bila brand sudah terkenal kemungkinan memiliki banyak pembeli sangatlah mungkin dimana pembeli sudah mengetahui lebih banyak mengenai produk tersebut
-          Kualitas : pembeli sudah pasti tidak ingin dirugikan dari segi kualitas, karena pembeli tidak akan mau membeli produk dengan kualitas yang rendah
-          Pendapatan : termasuk faktor yang paling mempengaruhi pembelian suatu produk, karena pembeli tidak mungkin melakukan pembelian melebihi pendapatan yang dimiliki
Berdasarkan hal – hal yang telah dijabarkan, maka seorang pembeli harus sangat teliti dan sudah pasti telah melakukan evaluasi alternative agar mendapatkan keputusan pembelian yang tepat dan tidak merugikan. Hal ini pula yag menjadi tantangan bagi para produsen untuk menghasilkan produk – produk yang berkualitas dengan biaya yang minim agar bisa mendapatkan banyak pembeli yang loyalitasnya tinggi.

Sumber :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar