Menurut Mulyadi
(2001:299) pembelian adalah suatu usaha yang dilakukan untuk pengadaan barang
yang diperlukan. Menurut Brown dkk (2001:132) mengatakan pembelian adalah “managing
the inputs into the organization’s transformation (production process)”, yang
dapat diartikan sebagai pengelolaan pendapatan yang kemudian diubah menjadi
kejadian keputusan pembelian sehingga harus mampu memastikan bahwa pengeluaran
sesuai dengan pendapatan. Sedangkan menurut Galloway dkk (2000:31) bahwa
pembelian merupakan “The role of purchasing function is to make materials and
parts of the right quality and quantity available for use by operations at the
right time and the right place”, bila diartikan bahwa fungsi pembelian adalah
menentukan keperluan – keperluan yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang
sesuai dengan waktu dan tempat yang pas.
Berdasarkan pengertian
diatas, pembelian adalah suatu usaha pengelolaan pendapatan yang digunakan
untuk mendapatkan keperluan yang sesuai dengan kualitas dan jumlah disesuaikan
pada waktu dan tempat yang tepat. Sehingga pembelian tidak dapat dilakukan
dengan hanya menebak dan sesuka hati saja, namun diperlukan pemikiran yang jauh
lebih pintar.
Pembelian dilakukan
melalui berbagi macam prioritas penting. Sehingga nantinya akan menghasilkan
keputusan yang tepat. Berikut tahapan proses pengambilan keputusan pembelian,
yaitu:
-
Perumusan masalah : pembeli harus
bisa merumuskan masalah yang ada sebelum melakukan pembelian, seperti
kebutuhan, harga, kualitas dan lainnya
-
Kebutuhan informasi : pembeli harus
memiliki banyak informasi mengenai suatu produk agar tidak mengalami kerugian
-
Evaluasi alternative : pembeli akan
melakukan evaluasi pada produk – produk yang memungkinkan untuk dibeli
-
Pengambilan keputusan : pembeli akan
mengambil keputusan akan membeli suatu produk setelah memilih alternative terbaik
-
Evaluasi pasca-pembelian : pada
tahap ini pembeli akan menilai tingkat kepuasannya sendiri, dimana kemungkinan
akan membeli produk tersbut kembali dilain waktu atau akan berganti produk
karena tidak sesuai harapan
Berdasarkan pemahaman
diatas dapat disimpulkan bahwa pembelian adalah hal yang penting bagi konsumen
agar tidak merugikan konsumen. Pembelian juga menjadi tantangan bagi produsen
untuk bisa membuat konsumen mencapai tahap pembelian produk yang dihasilkan. Sehingga
bisa mendapatkan keuntungan bagi kedua pihak.
Sumber :
Tidak ada komentar :
Posting Komentar