Januari 02, 2015

Pembelian

Menurut Mulyadi (2001:299) pembelian adalah suatu usaha yang dilakukan untuk pengadaan barang yang diperlukan. Menurut Brown dkk (2001:132) mengatakan pembelian adalah “managing the inputs into the organization’s transformation (production process)”, yang dapat diartikan sebagai pengelolaan pendapatan yang kemudian diubah menjadi kejadian keputusan pembelian sehingga harus mampu memastikan bahwa pengeluaran sesuai dengan pendapatan. Sedangkan menurut Galloway dkk (2000:31) bahwa pembelian merupakan “The role of purchasing function is to make materials and parts of the right quality and quantity available for use by operations at the right time and the right place”, bila diartikan bahwa fungsi pembelian adalah menentukan keperluan – keperluan yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai dengan waktu dan tempat yang pas.
Berdasarkan pengertian diatas, pembelian adalah suatu usaha pengelolaan pendapatan yang digunakan untuk mendapatkan keperluan yang sesuai dengan kualitas dan jumlah disesuaikan pada waktu dan tempat yang tepat. Sehingga pembelian tidak dapat dilakukan dengan hanya menebak dan sesuka hati saja, namun diperlukan pemikiran yang jauh lebih pintar.
Pembelian dilakukan melalui berbagi macam prioritas penting. Sehingga nantinya akan menghasilkan keputusan yang tepat. Berikut tahapan proses pengambilan keputusan pembelian, yaitu:
-          Perumusan masalah : pembeli harus bisa merumuskan masalah yang ada sebelum melakukan pembelian, seperti kebutuhan, harga, kualitas dan lainnya
-          Kebutuhan informasi : pembeli harus memiliki banyak informasi mengenai suatu produk agar tidak mengalami kerugian
-          Evaluasi alternative : pembeli akan melakukan evaluasi pada produk – produk yang memungkinkan untuk dibeli
-          Pengambilan keputusan : pembeli akan mengambil keputusan akan membeli suatu produk setelah memilih alternative terbaik
-          Evaluasi pasca-pembelian : pada tahap ini pembeli akan menilai tingkat kepuasannya sendiri, dimana kemungkinan akan membeli produk tersbut kembali dilain waktu atau akan berganti produk karena tidak sesuai harapan
Berdasarkan pemahaman diatas dapat disimpulkan bahwa pembelian adalah hal yang penting bagi konsumen agar tidak merugikan konsumen. Pembelian juga menjadi tantangan bagi produsen untuk bisa membuat konsumen mencapai tahap pembelian produk yang dihasilkan. Sehingga bisa mendapatkan keuntungan bagi kedua pihak.

Sumber :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar