November 15, 2014

Kepribadian, Nilai, dan Gaya Hidup

-        Kepribadian
Menurut Gordon W. W Allport, kepribadian sebagai “what a man really is”  namun pendapatnya tersebut diperbaiki oleh Allport menjadi : Personality is the dynamic organization within the individual of those psychophysical systems that determine his unique adjustments to his environment”
Sedangkan menurut Yinger, kepribadian merupakan keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan system kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian instruksi.
Berdasarkan dua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa kepribadian adalah seluruh pola tingkah laku seseorang yang timbul menjadi sebuah system dan langsung diaplikasikan pada lingkungan dimana Ia tinggal.

-        Nilai
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), nilai adalah taksiran, sifat – sifat ( hal – hal ) penting yang dianggap penting atau yang berguna bagi kemanusiaan yang dapat mendorong manusia mencapai tujuannya
Sedangkan menurut Robert M. Z. Lawang, nilai merupakan gambaran mengenai apa yang diinginkan , yang pantas, yang berharga, yang mempengaruhi perilaku sosial orang yang memiliki nilai itu.
Berdasarkan informasi diatas, dapat dipahami bahwa nilai adalah mengenai seuatu hal atau sifat yang dimliki oleh seseorang untuk mencapai tujuannya yang juga akan memengaruhi lingkungan disekitarnya.

-        Gaya Hidup
Berdasarkan Wikipedia Gaya hidup (English: lifestyle) adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. 
Menurut Kotler (2002, p. 192) adalah pola hidup seseorang di dunia yang iekspresikan dalam aktivitas, minat, dan opininya.
Menurut Assael (1984, p. 252), gaya hidup adalah “A mode of living that is identified by how people spend their time (activities), what they consider important in their environment (interest), and what they think of themselves and the world around them (opinions)”.
Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa gaya hidup adalah pola hidup seseorang yang membutuhkan suatu barang sekunder demi memenuhi keinginannya

Sumber :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar